Tips Mencegah Berat Badan Mengalami Kegemukan

Tips Mencegah Berat Badan Mengalami Kegemukan - Tampil menarik tentu menjadi dambaan setiap orang, baik itu pria ataupun wanita. Tidak hanya make up saja yang bisa membuat orang menjadi menarik. Kesehatan juga menjadi salah satu kunci utama untuk bisa tampil menarik. Bayangkan jika seseorang menderita satu penyakit, bisa saja orang tersebut memiliki berat badan yang tidak ideal. Bisa menjadi sangat kurus atau malah sebaliknya sangat gemuk.


Kegemukan atau obesitas sendiri bisa menjadi indikasi bahwa seseorang menderita suatu penyakit. Atau bahkan kegemukan bisa menjadi suatu penyebab timbulnya berbagai jenis penyakit.  Maka dari itu, memahami tips mencegah berat badan agar tidak obesitas merupakan pengetahuan yang harus dimiliki jika ingin memulai hidup yang lebih sehat.

Berikut Ini adala Beberapa Tips Mencegah Berat Badan Mengalami Kegemukan :


1. Cek berat badan secara teratur
Bagi anda yang saat ini ingin menjaga berat badan agar tetap ideal dan tidak mudah mengalami kegemukan. Anda harus rajin dalam mengecek berat badan sehingga bisa sealu mengetahui seberapa besar kenaikan berat badan. Lakukan cek secara rutin, cukup semingu sekali. Kenaikan berat badan 1 s/d 1.5 kg masih dalam batas yang wajar, tak perlu panik.

2. Menjaga pola makan yang sehat
Saat berhasil menurunkan berat badan, bukan berarti anda bisa dengan bebas mengkonsumsi berbagai makanan. Tetapi, anda harus tetap memperhatikan kandungan makanan dan memilih makanan yang tidak terlalu tinggi kandungan lemaknya. Jika ingin mendapatkan tubuh yang ideal dan tidak mudah gemuk sebaiknya hindari konsumsi makanan yang mengandung lemak sangat tinggi, garam dan kolesterol.

3. Istirahat yang cukup
Agar tubuh bisa tetap fit dan sistem imunitas tubuh menjadi terkontrol sebaiknya lakukan istirahat yang cukup minimal 8 jam sehari. Kurang tidur akibat stress atau mempunyai bayak masalah bisa membuat berat badan dengan mudah naik tanpa terkendali. Jadi, sangat di sarankan bagi anda yang ingin menjaga tubuh tetap ideal untuk melakukan istirahat yang cukup.

4. Konsumsi buah dan sayur
Mengkonsumsi buah dan sayur sebagai pengganti cemilan merupakan solusi yang sangat tepat. Diamana dalam buah dan sayur terdapat banyak kandungan nutrisi yang sangat lengkap sehingga tubuh anda akan tetap sehat dan berat badan tetap terkontrol.

5. Atur porsi makan
Jangan berlebihan dalam mengkonsumsi berbagai makanan dalam keseharian Anda. Agar tidak mudah merasa lapar, konsumsilah makanan berserat karena jenis makanan ini akan membuat kita kenyang lebih lama. Jangan berlebihan dalam mengkonsumsi nasi, perbanyak sayuran yang mengandung serat dan protein tinggi.

6. Rajin berolah raga
Lakukan olah raga minimal 1 minggu sekali. Olah raga dapat membantu membakar kalori secara cepat sehingga timbunan lemak dapat terbakar. Olah raga juga merupakan cara yang cepat dalam menurunkan berat badan. Lakukan jogging, sprint atau skipping dimana cara ini dapat membuat badan kita lebih cepat dalam membakar kalori dan lemak.

7. Konsumsi air putih
Selain itu, kita perlu mengkonsumsi air putih yang cukup. Delapan gelas perhari akan sangat baik bagi kebutuhan berbagai proses metabolisme dalam tubuh. Cobalah untuk mengkonsumsi air putih sebelum Anda makan. Lakukan cara ini setiap Anda mau makan. Cara ini dapat mengurangi nafsu makan yang berlebihan terutama pada siang hari.

Itulah beberapa tips yang bisa anda coba untuk mencegah berat badan mengalami kegemukan. Agar tips ini berhasil, anda harus melakukannya secara konsisten, disiplin dan teratur. Tetap diimbangi dengan olahraga, tetap menjaga pola diet/gaya hidup teratur meskipun telah mencapai berat badan yang diinginkan. Demikian beberapa tips mencegah berat badan mengalami obesitas agar tubuh anda tetap sehat sampai tua.

0 komentar:

Copyright © 2013 Info Kesehatan Terbaru